Friday, March 30, 2018

4 Cara Mudah Memperbaiki HP Android Terkena Air

4 Cara Mudah Memperbaiki HP Android Terkena Air

4 Cara Mudah Mengatasi dan Memperbaiki HP Android Terkena Air

Ketika HP Android terkena air lalu mati total, sobat jangan langsung  panik untuk mengatasinya sangat mudah sobat tinggal mengikuti cara dan tips dari saya untuk cara mengatasi hp android kena air

Kerusakan pada hp memang bisa terjadi kapan saja dan dimana aja tanpa kita sadari, entah itu karena kelalaian kita atau karena faktor ketidak sengajaan. Pada kasus kali ini yaitu masalah hp android kena air ini adalah hal yang sangat dibenci semua orang, karena sudah pasti hp tersebut akan langsung rusak.

Seperti yang kita semua ketahui apa pun itu yang namanya perangkat elektronik bukan cuman hp saja tapi semua barang elektro ketika terkena air maka bisa menyebabkan fatal dan merusak semua komponen di dalamnya.

Ini di karenakan ada cairan pada komponen dan apabila terkena aliran listrik maka akan konslet dan akhirnya semua komponen tersebut mati dan tidak berfungsi lagi.

Ada banyak beragam kasus hp terkena air seperti kena air hujan lalu hp kemasukan air, ketumpahan kopi atau air minum, terendam ketika ingin mencuci pakaian, atau terkena banjir, namun pada intinya semua sama yakni terkena air.

Sebelum membaca tutorial tahap cara mengatasi hp terendam air, siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan.

Alat dan bahan – Bahan Yang dibutuhkan :
  • Obeng Hp (obeng yang berukuran kecil)
  • Cairan alkohol atau minyak kayu putih atau minyak telon dan semacamnya
  • Kuas atau bisa juga sikat gigi bekas yang tidak terpakai  
  • Kipas Angin
  • Beras


Cara Memperbaiki Hp android Terkena Air Hujan :

Segera lepas baterai HP sobat, jangan memaksa menghidupkan hp dalam kondisi terkena air itu akan mengakibatkan kerusakan pada kompenen dalam Hp tersebut.

Keringkan baterai terlebih dahulu, setelah itu cas baterai dengan cas desktop atau biasa kita sebut cas kodok, pada umumnya baterai yang terkena air akan konslet dan daya akan habis.

Jika mempunyai obeng hp, silahkan bongkar hp mulai dari kesing dan semua komponen di dalamnya. PENTING : untuk melakukan ini, jika belum pernah melakukannya lebih baik jangan coba cara yang satu ini.

Bila sudah di bongkar segera bersihkan mesin hp dengan cairan alkohol atau minyak kayu putih dan sikat semua bagian yang terkena air menggunakan kuas atau sikat gigi, setelah itu keringkan dengan kipas angin.

Jika tidak memiliki obeng, langsung saja lepas baterai lalu keringkan dengan kipas angin, pastikan semua bagian terkena kipas angin supaya merata dan biarkan 1X 24jam sampai benar-benar kering.

Nah kalau cuaca lagi panas terik ada baiknya segera jemur hp android tersebut sampai kering tapi harus dijaga ya kalu tidak bisa hilang heheh, ingat jangan terburu-buru hidupkan hp kembali, biarkan dulu sampai kering jadi sobat harus sabar.


Cara Memperbaiki Hp Android Kena Air Dengan Beras :

Untuk cara kedua sobat bisa pake beras, silahkan sobat sediakan beras secukupnya didalam mangkuk atau plastik pun boleh, tapi ingat jangan terlalu berlebihan karena nanti stok beras di rumah bisa habis, hehe

Selanjutnya lepas baterai dari hp, lalu benamkan hp kedalam beras , manfaat beras disini berguna untuk menyerap air yang ada di hp.

Keringkan baterai setelah itu cas baterai dengan desktop atau biasa kita sebut cas kodok, biasanya baterai yang terkena air akan konslet dan daya akan habis.

Setelah itu sobat bisa tunggu sampai benar-benar kering.

Cara diatas untuk hp android yang baterai-nya bisa dilepas, lalu bagaimana cara mengatasi dan memperbaki hp android terkena air baterai tanam pada hp seperti smartphone android dan Iphone, silahkan bisa simak langkah di bawah ini.


Cara kali ini bisa dibilang susah - susah gampang karena harus membutuhkan alat dan keahlian, jika sobat ingin mencobanya sendiri silahkan TAPI ingat semua resiko tanggung sendiri.

Alat :
  • Obeng
  • Pinset
  • Solder


Bongkar total hp sobat, nanti akan terlihat baterai tanamnya, biasanya baterai tersebut memiliki sebuah konektor kecil beserta kabel yang bisa dilepas.
Cara Memperbaiki Hp android Baterai Tanam Terkena Air

Biasanya baterai yang terkena air daya penyimpananya akan habis karena konslet, jadi kita harus pancing dulu baterainya agar hidup, karena apabila daya baterainya habis, kalau di cas lansung lewat hp tidak bisa masuk.

Lalu apa bisa baterai tanam di cas pakai cas kodok?

Bisa, caranya potong kedua kabel + dan – , untuk warna kabel sendiri biasanya warna merah adalah + dan hitam adalah – lalu kupas sampai terlihat serabut kabel di dalamnya, setelah itu sambungkan ke besi colokan baterai yang ada di cas kodok, INGAT harus hati-hati dan resiko tanggung sendiri.

Tapi biasanya para tekhnisi hp menggunakan alat bernama Power Supply karena lebih mudah dan praktis.

Setelah kita selesai melepas baterai tanam, bongkar lagi hp sampai hanya tersisa papan mesin hp, setelah itu bersihkan papan dengan cairan minyak atau alkohol dan sikat semua bagian yang terkena air dan keringkan pakai kipas atau jemur dengan terik panas matahari.

Untuk proses pengeringan sendiri kalau mau lebih cepat bisa memakai alat bernama Blower, alat ini salah satu alat service yang bisa digunakan para teknisi hp, untuk menggunakannya atur tekanan pada blower agar tidak berlebihan dan merusak papan mesin hp.

Gimana ribet dan susah bukan, saran saya sih mending sobat bawa aja ke tukang service hp biar semua masalah dapat di tangani karena tentu semua alat sudah tersedia dan pekerjanya lebih propesional.

Perlu dicatat semua cara yang saya sebutkan diatas tidak menjamin 100% berhasil, karena memperbaiki hp kena air mati total bukan hal yang mudah, butuh alat dan keahlian khusus pastinya.

Namun ada juga sebagian hp kena air yang masih bisa hidup dan selamat dari kematian, mungkin karena kena airnya tidak terlalu parah dan bisa juga faktor keberuntungan.

Selain itu biasanya hp kalau sudah hidup ada kekuranganya seperti kerusakan pada layar, lcd hp kena air juga dapat menimbulkan masalah seperti masih ada sisa air yang masuk ke dalam layar, atau bahkan sampai rusak. untuk menghilangkan dan membersihkan lcd juga bisa yaitu dengan bongkar lcd, tentu cara ini hanya ahli dalam bidangnya

Ada juga kasus hp kena air layar mati , yaitu ketika hp hidup ada suara dan masih bisa menerima panggilan dan sms tapi gambar di layar tidak nampak, dan masih banyak masalah yang beragam lainya

Lalu berapa biaya servis hp kena air?

Kalau masalah ini tentu saya tidak bisa bilang secara pasti karena takutnya salah, setiap tempat dan lokasi biasanya biaya service hp kena air berbeda, ini dikarenakan faktor tingkat kesulitan pada setiap hp tersebut

Untuk tau berapa biaya servis mungkin sobat bisa tanya langsung ke tukang service di tempat sobat berada, apabila biaya sesuai dengan hp sobat maka serahkan saja hp sobat biar di perbaiki, jika biaya melebihi harga hp tersebut mungkin sobat bisa beli hp baru saja, nah saya akhiri sampai disini dulu dan semoga bermanfaat.




TAG:
Cara Mudah Memperbaiki HP Android Terkena Air
Cara Memperbaiki HP Android kena Air
Cara Mudah Memperbaiki HP Android kena Air
Cara Memperbaiki HP Android Terkena Air menggunakan beras
Cara Memperbaiki Hp android Baterai Tanam Terkena Air
Cara Memperbaiki Hp android Baterai Tanam kena Air

0 komentar: